WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN (TA) 2022/2023

JURUSAN PEMANFAATAN SUMBERDAYA PERAIRAN (PSP)Semester Genap TA.2022-2023

PENERAPAN TEKNOLOGI FIBERGLASS DALAM PEMBUATAN PERAHU
SEBAGAI SARANA PENANGKAPAN IKAN

Pekanbaru 17, 18 dan 19 Maret 2023

Workshop Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP) Semester Genab Tahun 2022/2023, dilaksanakan selama tiga hari mulai pada hari Jumat tanggal 17, 18 dan 19 Maret 2023. Workshop dengan tema PENERAPAN TEKNOLOGI FIBERGLASS DALAM PEMBUATAN PERAHU SEBAGAI SARANA PENANGKAPAN IKAN ini dilaksanakan dengan harapan mahasiswa mendapatkan pengetahuan dan keahlian tambahan yang berhubungan dengan penerapan materi perkuliahan Kapal sebagai armada Bantu penangkapan Ikan di Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perairan.

Workshop dengan luaran membuat satu unit perahu (Canoe) berukuran panjang 3,5 meter yang dilaksanakan selama tiga hari dengan rincian kegiatan: Hari Pertama (17/03) berupa penyampaian materi dasar dan teori pelatihan pada sesi pagi hingga sore hari yang disampaikan di Hotel Grand Suka Pekanbaru.

Pembukaan Workshop yang diawali dengan kata sambutan oleh ketua pelaksana Dr. Ir. ALIT HINDRI YANI, M.Sc dan kemudian dibuka oleh Dekan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau yang diwakili oleh Pembantu Dekan III (Bidang Kemahasaiswaan, Kerjasama dan Alumni) Bapak Ir. JONNY ZAIN, M.Si yang diawali dengan beberapa arahan dan pidato singkat beliau.

Hari Pertama, Jumat 17 Maret 2023 (Ruang Indragiri Hotel Grand Suka Pekanbaru)

Setelah Sesi acara pembukaan Pelatihan, dilanjutkan dengan Penyampaian Materi berupa teori dasar Peranan Kapal dan Teknologi FRP dalam Bidang Perikanan Tangkap serta Karakteristik Bahan dan Teknis Pembuatan Perahu sebagai Armada Penangkapan/Pengangkutan Ikan yang disampaikan oleh Polaris Nasution, ST. MT pada hari pertama sesi pagi dan siang hari.

Peserta Workshop yang awalnya direncanakan untuk 30 orang mahasiswa ditanggapi sangat baik oleh mahasiswa sehingga peserta meningkat dengan jumlah 29 orang (angkatan 2020), 4 Orang (angkatan 2021) dan 2 orang (angkatan 2022).

Hari Kedua, Sabtu 18 Maret 2023 (Laboratorium Kapal Perikanan-Universitas Riau)

Hari ke-2 dan 3 (18 dan 19 Maret 2023), workshop dilaksanakan di Laboratorium Kapal Perikanan dengan kegiatan pembuatan Cetakan Perahu berhubung Luaran yang direncanakan adalah pembutan satu unit Canoe (Perahu) dari bahan Fiberglass dengan Ukuran Panjang 3,4 meter dan lebar 0,8 meter Sebagai Armada Bantu Penangkapan Ikan. Perencanaan Perahu pada Workshop peningkatan kompetensi Mahasiswa ini adalah seperti berikut :

Pelaksanaan Workshop hari kedua berupa pembuatan Cetakan Postif (male moudloft) perahu yang dilaksanakan di halaman Laboratorium Kapal Perikanan Jurusan PSP dari jam 8.00 hingga 16.00 dengan hasil pekerjaan pembuatan Cetakan seperti gambar berikut :

Hari Ketiga , Minggu 19 Maret 2023 (Laboratorium Kapal Perikanan)

Hari Ketiga Pelaksanaan Workshop dilanjutkan dengan Penyempurnaan Cetakan, pembuatan dan pelapisan/Laminasi Perahu serta Percobaan di perairan.

Setelah Laminasi Perahu Kering, dilanjutkan dengan pelepasan cetakan dan persiapan melakukan pelayaran percobaan di perairan pada sore harinya.

Persiapan Percobaan di Perairan

Uji coba Hasil Workshop di Perairan
2 Responses

Leave a Reply