KUNJUNGAN RENCANA KOLABORASI BERTEPATAN DENGAN PRAKTIKUM KE POLITEKNIK KELAUTAN DAN PERIKANAN DUMAI

Gambar 1. Sambutan Oleh Politeknik KP Dumai

 

Disela pelaksanaan Praktikum Lapangan Mahasiswa Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP) Semester Genab Tahun Ajaran (TA) 2022-2023 di Dumai Pada hari Rabu hingga Jumat (15 sd 17 Maret 2023), Ketua Jurusan PSP (Polaris Nasution. ST. MT), satu orang Dosen Mata Kuliah (Riska Fatmawati, M.Si) dan dua orang Laboran Jurusan (Elbi suprianto, S.Pi dan Pani Meinaldi, S.Pi) melakukan kunjungan yang sudah direncanakan dan diniatkan sebelumnya. Kunjungan ini terencana berawal dari undangan/ajakan pelaksanaan Program Praktek Layar Reguler Bersama pada Oktober 2022 lalu. Undangan tersebut belum bisa terpenuhi dikarenakan bertepatan dengan Pelaksanaan Diklat Bahari Mahasiswa Jurusan PSP tahun 2022 di luar kota pada saat itu. Kunjungan diwujudkan terkait pembicarakan rencana program kolaborasi bidang pengajaran, pendidikan, penelitian yang merupakan implementasi perjanjian kerjasama antara Universitas Riau dan Politeknik Kelautan dan Perikanan (KP) beberapa waktu sebelumnya.

 

Kunjungan yang dilaksanakan pada hari Jumat 15 Maret mulai jam 09.00 WIB tersebut, membahas tentang program-program kegiatan bersama kedepan yang disambut baik oleh Direktur Politeknik (Dr. Yaser Krisnafi), Wakil Direktur I Bidang Akademik (Juniawan Preston Siahaan., M.T), beberapa orang Dosen dan Staff Politeknik KP Dumai.

Gambar 2. Kunjungan Ke workshop di Politeknik KP Dumai

 

Pada Akhir pertemuan, dilakukan kunjungan ke beberapa workshop di Politeknik KP khususnya yang berhubungan erat dengan beberapa mata kuliah pada Jurusan PSP diantaranya : Workshop Navigasi, Workshop Bahari dan Perlengkapan serta Workshop Peralatan Penangkapan ikan. Workshop tersebut memiliki kesamaan dengan Materi ajar dan beberapa matakuliah di Jurusan PSP seperti mata kuliah : Instrumen Perikanan Tangkap, Kapal Perikanan, Navigasi, Rancang Bangun Alat Penangkapan Ikan dan beberapa mata kuliah jurusan lainnya. Kunjungan ini diharapkan dapat menyusun dan mewujudkan rencana-rencana untuk melengkapi dan menyempurnakan praktikum, pembelajaran dan penelitan bersama antara politeknik KP dan Jurusan PSP Universitas Riau Kedepannya. Seperti sehari sebelumnya Mahasiswa Jurusan PSP diberi kesempatan naik ke Atas kapal latih milik Politeknik KP untuk praktek penggunaan dan mengoperasikan langsung alat navigasi dan permesinan kapal yang merupakan salah satu bagian dari mata kuliah yang di praktekkan pada saat itu.

Gambar 6. Peserta Praktikum, Dosen dan Instruktur setelah dari Kapal Latih Politeknik Kelautan dan Perikanan Dumai

Leave a Reply