PENANDATANGANAN KESEPAKATAN BERSAMA SERTA PELATIHAN KONSTRUKSI DAN DESAIN KAPAL PERIKANAN

Dalam Rangka Rencana Pelaksanaan Pelatihan Konstruksi dan Desain Kapal Perikanan bagi Aparatur Dinas Kelautan dan Perikanan, Kabupaten Mandailing Natal Tahun Anggaran 2019. Kegiatan pelatihan dengan program peningkatan sarana dan prasarana Aparatur Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mandailing Natal ini mulai dilaksanakan pada Selasa tanggal 10 Desember hingga senin 23 Desember tahun 2019. Pelaksanaan Kegiatan yang di mulai dengan Penandatanganan Kesepakatan Bersama Antara Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mandailing Natal dengan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau yang dilaksanakan di Ruang Rapat DPH Fakultas Perikanan dan Kelautan (FPK) pada Hari Selasa, 10 Desember Tahun 2019 (Jam 09.00 WIB) yang ditandatangani oleh DEKAN FPK : Bapak Prof. Dr. Ir. H. Bintal Amin, M.Sc dan Pemerintah Kabupaten Mandailing Natal melalui Kepala Dinas Kalutan dan Perikanan Kabupaten Mandailing Natal : Ir. Bakhrein Lubis.

Kesepakatan Bersama yang berlaku hingga tiga tahun tersebut berisikan tentang Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat untuk mendukung dan mempercepat pengembangan dan pembangunan kelautan dan perikanan kabupaten Mandailing Natal, Provinsi Sumatera Utara. Penandatanganan Kesepakatan Bersama yang Juga dihadiri oleh Bapak Dr. Ir. Sofyan Husien Siregar , M.Sc (Wakil Dekan III/Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama), Ir. Jonny Zain, M.Si (Ketua Jurusan PSP), Polaris Nasution (Sekretaris Jurusan PSP), Beberapa orang Dosen PSP (H. Syaifuddin dan Ronald MH) dari FPK universitas Riau, dan empat orang utusan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mandailing Natal yaitu : Syafruddin, S.Pi (Kabid Pemberdayaan Usaha Kecil Pembudidayaan Ikan), Febridawati Tanjung, S.Pi (Kasubbag Perencanaan Program dan Pelaporan), dan dua orang Petugas Teknis yaitu Alvin Natali, S.Pi dan Amrizal Pulungan, S.Pi. Tiga dari empat orang staf Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Mandailing Natal tersebut adalah alumni FPK dari Jurusan PSP (Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan) dan IK (Ilmu Kelautan) dan sementara ibu Febridawati Tanjung, S.Pi adalah alumni dari Fakultas Perikanan Universitas Bung Hatta.

Setelah Penandatanganan kesepakatan tersebut, dilanjutkan dengan Kegiatan Pelatihan Konstruksi dan Desain Kapal Perikanan bagi Aparatur Dinas Kelautan dan Perikanan oleh narasumber dari staff Pengajar dari Jurusan PSP dengan Materi:

  1. Dasar-Dasar dan Pengantar Kapal, Kapal Perikanan dan FasilitasDasar-Dasar dan Pengantar Kapal, Kapal Perikanan dan Fasilitas
  2. Instrumentasi Kapal Perikanan
  3. Karakteristik dan Spesifikasi Kapal Perikanan, Ukuran Dan Tonase Kapal
  4. Ukuran, Kapasitas dan Tonase Kapal
  5. Perancangan Kapal (Rencana Garis dan Rencana Umum)
  6. Permesinan Utama dan Bantu Kapal
  7. Spesifikasi Teknis, DED dan EE.
  8. Konstruksi (Melntang dan Memanjang) Kapal, Kurva Hydraustatik, Bonjean & Stabilitas Kapal

Materi Pembelajaran Disampaikan dengan metode Pemaparan Materi didepan Kelas, Diskusi, Tugas  dan Peraktik Perancangan Kapal dengan luaran berupa Laporan perhitungan Perencanaan dan Perancangan, Spesifikasi Detil Teknis serta gambar-gambar (Lines plan, General Arrangement, Hydaustatic Curve, Bounjean Curva dan Detil Konstruksi Kapal). Pelaksanaan Pelatihan dilakukan lima jam perhari termasuk hari sabtu/minggu serta pekerjaan pembuatan perancangan kapal  yang dilakukan dirumah hingga  berakhir pada senin 23 Desember tahun 2019.

2 Responses

Leave a Reply