Kuliah Umum dan Pengabdian Masyarakat Himpunan Mahasiswa Perikanan Tangkap Indonesia (HIMPATINDO)

Oleh : Fajriti, PSP17

Pengabdian Masyarakat adalah kegiatan yang mendedikasi ilmu yang dimiliki mahasiswa kepada masyarakat dalam kegiatan sehari-hari. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat  yang ditadja oleh divisi Advokesma Himpunan Mahasiswa Perikanan Tangkap Indonesia (HIMPATINDO) ini dilaksanakan mulai tanggal 16-20 September 2019 di kampus Universitas Riau (UNRI Pekanbaru) dan Desa Pongkai XIII Koto Kabupaten Kampar Provinsi Riau. Pelaksanaan Kegiatan Pengabdian Masyarakat ini diamanahkan kepada Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau sebagai tuan rumah.

Pengabdian Kepada Masyarakat yang diselenggarakan oleh Universitas Riau melalui Himpunan Mahasiswa Perikanan Tangkap Indonesia (HIMPATINDO) yang ditaja oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perikanan (PSP) Universitas riau ini dibuka dengan melaksanakan Kuliah Umum yang bertemakan “Teknologi Perikanan Tangkap Ramah Lingkungan” dengan pembicara/narasumber ibu Dr. T. Ersty Yulika Sari, M.Si  (Dosen Jurusan PSP Universitas Riau) di ruangan Atlantik Dekanat Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau. Kuliah umum ini dilaksanakan pada hari Senin, 16 September 2019 yang dihadiri oleh Wakil Dekan III/Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama (Dr. Ir. Sofyan Husien Siregar , M.Sc) yang sekaligus membuka kegiatan ini, Ketua Jurusan PSP FPK UNRI (Ir. Jonny Zain, M.Si), Sekretaris Jurusan PSP FPK UNRI (Polaris Nasution. ST. MT), beserta beberapa dosen PSP FPK UNRI, Gubernur dan Wakil Gubernur Mahasiswa FPK UNRI, ketua kelembagaan selingkungan FPK UNRI, serta dihadiri oleh para delegasi dari Universitas Brawijaya dan Universitas Jambi.

Rangkaian acara pembukaan disi dengan tarian pembuka, pembacaan Al-Qur’an, menyanyikan lagu wajib nasional, mars mahasiswa, dan mars psp,  kata sambutan oleh Wakil Dekan III, kemudian Ketua Jurusan PSP FPK UNRI, Sekretaris Jendral HIMPATINDO, Gubernur Mahasiswa FPK UNRI, Kapten HMJ PSP, dan Ketua Pelaksana serta pembacaan doa dan dilanjutkan dengan penyampaian materi oleh pemateri. Kemudian pemberian plakat dan diakhiri dengan foto bersama.

Kegiatan Pengabdian kepada masyarakat Himpatindo 2019, yang dilaksanakan pada hari selasa 17 september 2019 di desa pongkai istiqomah XIII koto kampar. Tujuan acara ini dilakukan merealisasikan salah satu program kerja nasional HIMPATINDO. Pengabdian masyarakat ini sendiri bertujuan untuk mengabdi kepada masyarakat dan memberi inovasi baru kepada masyarakat sekitar.

Kegiatan pengabdian masyarakat di Desa Pongkai dihadiri oleh ketua jurusan PSP Ir. Jonny Zain, M.Si dan staff jurusan beserta asisten. Selanjutnya dilakukan cara pembukaan dan peletakan batu pertama yang dilaksanakan di Balai Desa dan di buka langsung oleh kepala Desa pongkai istiqomah. Setelah dilakukannya pembukaan lalu dilanjutkan dengan foto bersama kemudian sorenya  keliling desa dan silaturahmi dengan warga desa pongkai istiqomah. Setelah makan malam, dilanjutkan dengan nonton film tentang perikanan bersama warga desa pongkai.

Leave a Reply