WORKSHOP PENINGKATAN KOMPETENSI MAHASISWA JURUSAN PSP TAHUN 2021

Pelaksanaan Workshop Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP) yang diselenggarakan pada tanggal 5 hingga 9 juli tahun 2021 di Laboratorium Bahan dan Alat Penangkapan ikan Jurusan PSP. Pelatihan yang diselenggarakan kurang lebih satu minggu itu, dihadiri oleh peserta Mahasiswa Jurusan PSP dari berbagai  angkatan baik pria maupun wanita.

Peserta yang dibatasi berjumlah 30 orang mahasiswa jurusan PSP dari Angkatan 2015 hingga mahasiswa yang lebih junior. Workshop yang terdiri dari materi Teori dan Praktik berupa kompetensi dasar “Merakit Alat Tangkap Gillnet dan Longline” hingga Pembuatan Peraga yang merupakan perakitan alat tangkap tersebut.

Pemateri yang merupakan Dosen dari Jurusan PSP yaitu Bapak Ir. Bustari M.Si dan Laboran Pani Meinaldi, S.Pi yang menyampaikan Materi teori pada Hari pertama dan Kedua, yang selanjutnya melakukan praktik perakitan pada hari berikutnya hingga selesai. Luaran workshop berupa empat set Alat tangkap yang siap pakai dengan panjang 10m dan mesh size 1” yang dilengkapi dengan pelampung, tali ris, pemberat dan kelengkapan Gillnet yang siap untuk dioperasikan. Selain gillnet juga Perakitan Rawai (longline) yang dilengkapi dengan kili-kili, snap dan perlengkapan alat tangkap tersebut.

Peserta Workshop diberikan konsumsi, dan sertifikat secara Cuma-Cuma selama pelatihan, Disamping ilmu dan Keahlian yang diperoleh selama pelatihan, Kehlian ini diharapkan bermanfaat nantinya sebagai pendamping ijazah mahasiswa setelah menyelesaikan studi di jurusan PSP yang berhubungan dengan Jurusan dan Ilmu yang di peroleh selama menyelesaikan studi di Jurusan PSP.

Pelaksanaan workshop peningkatan kompetensi ini terselenggara menggunakan dana yang telah diprogramkan oleh Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau tahun Anggaran 2021.

Leave a Reply