MAHASISWA JURUSAN PSP BUAT PERAHU LAGI

Workshop Peningkatan Kompetensi Mahasiswa
Jurusan PSP Tahun 2019
PEMBUATAN PERAHU FIBERGLASS UNTUK OPERASI PENANGKAPAN IKAN

Spanduk

Pelatihan yang dilaksanaakan selama dua belas hari dengan susunan kegiatan yang diawali dengan Pemaparan Mater (1 Hari), Praktek Pembuatan Cetakan (2 Hari) dan dilanjutkan dengan pencetakan dan pembuatan konstruksi Perahu. Pelaksaanaan dimulai pada Hari Sabtu 31 Agustue 2019 jam 8.00-15.00 sampai dengan 10 September 2019. Kegiatan yang diikuti oleh 35 orang peserta dan dibuka oleh pembantu Dekan bidang Kurikulum dan Akademik itu terdiri dari 7 orang mahasiswa peria dan sisanya adalah wanita. Perahu yang sepenuhnya adalah Hasil karya Mahasiswa ini diharapkan dapat digunakan untuk keperluan Praktikum, Penelitian dan keperluan lainnya di perairan nantinya. Perahu yang diberi nama Tembakul (PSP 04) ini adalah Produk Armada Karya Mahasiswa Jurusan PSP yang Ke-4 Selain Perahu PSP 01 (Dari Bahan Drum Plastik HDPE Biru Bekas), PSP 02  (Dari Bahan Drum Plastik HDPE Hitam Bekas), PSP 03 (7 Unit Sampan dari Ember Cat 20 kg Bekas) dan PSP 04 yang terbuat dari bahan Fiberglass ini. Sampai Pada Saat ini PSP telah memiliki sebanyak 10 Armada Transportasi Perairan dengan rincian :

DSC_0548b

  • PSP 01 : Perahu Drum HDPE Biru Bekas : 1 Unit
  • PSP 02 : Perahu Drum HDPE Hitam Bekas : 1 Unit
  • PSP 03 : Sampan Ember Cat Bekas : 5 Unit
  • Perahu Fiberglass 1 GT (KAKAP) : 1 Unit
  • Kapal Fiberglas 5 GT : 1 Unit
  • PSP 04 : Perahu Fiberglas (Tembakul) : Rencana 2 Unit

Armada Jurusan yang bersumber dari Kegiatan pendanaan Praktikum, Penelitian, PKM dan Pembiayaan Perorangan tersebut secara keseluruhan adalah Hasil Perancangan dan Pembuatan Dosen dan Mahasiswa Jurusan PSP yang telah dimulai sejak Tahun 2010 hinnga saat ini yang dibuat di Laboratorium Kapal Perikanan Jurusan PSP. Namun dikarenakan Usia dan Bahan utama kapal yang terbuat dari kayu, saat ini untuk PSP 01 dan 02 sudah tidak layak digunakan lagi karena gading-gading penguat yang terbuat dari bahan kayu sudah banyak yang hancur karena usia dan pelapukan.

Selain Armada, Jurusan PSP juga dilengkapi dengan beberapa Mesin Kapal yang digunakan sebagai Mesin Penggerak utama kapal/Perahu dan juga digubakan untuk Praktikum Mahasiswa Yaitu :

  • Johnson : 250 KW               : 2 Unit
  • Yamaha : 18KW                  : 1 Unit
  • Tohatsu : 2,5 KW                : 1 Unit
  • Dompeng : 32 PK                   : 1 Unit
  • Dompeng : 16 PK                   : 1 Unit

Dalam Workshop Peningkatan Kompetensi Mahasiswa Tahun 2019 dengan Tema Pembuatan Perahu Untuk Operasi Penangkapam Ikan dilaksanakan dengan tahapan :

DSC_0574b

  1. Penyampaian Materi Pelatihan
  2. Pekaerjaan Pembuatan Perahu

Pembuatan Perahu dari Bahan Fiberglas sebagai sarana Operasi Penangkapan Ikan dilakukan oleh peserta pelatihan yang terdiri dari Mahasiswa/i Jurusan PSP angkatan 2016, 2017 dan 2018 di Laboratorium kapal Perikanan. Tahapan Pekerjaan melalui tahapan pekerjaan :

nDSC_0487 (47)b

  1. Pembuatan Bulidng Berth dan Rangka Cetakan
  2. Pembuatan Cetakan
  3. Laminasi Lambung Kapal
  4. Pembuatan Penguatan Gading dang Balok
  5. Pengecatan dan Penyempurnaan
  6. Pelayaran Uji Coba (State Delivery Trial)

kpl

Pekerjaan dalam bentuk kegiatan workshop dengan “Menghindari penggunaan Plastik (Don’t use Plastic)” yang dapat menjadi limbah yang digunakan sebagai wadah konsumsi selama kegiatan ini Diperkirakan Selesai dengan waktu minimal dua belas hari hingga pelaksanaan Uji coba.

2 Responses

Leave a Reply