By - polaris

PELATIHAN PENERAPAN TEKNOLOGI FIBERGLASS UNTUK LAMINASI KAPAL NELAYAN

Pada Jurusan Pemanfaatan Sumberdaya Perairan (PSP) Fakultas Perikanan dan Kelautan Universitas Riau sangat berhubungan dengan bidang Penangkapan Ikan yang berhubungan dengan Daerah Penangkapan, Alat Tangkap, Instrumentasi Penangkapan dan Kapal Perikanan. Keempat bidang utama tersebut harus dikuasai dengan baik oleh mahasiswa Jurusan PSP, dalam istilah sekarang dikenal dengan “kompetensi”. Keempat kompetensi yang juga berdasarkan laboratorium tersebut diperoleh mahasiswa saat menempuh perkuliahan di Jurusan PSP.

Sebelum mahasiswa menyelesaikan studi dan mendapatkan gelar sarjana di jurusan PSP, Mahasiswa diwajibkan melaksanakan magang dan penelitian yang selanjutnya kedua program tersebut dituangkan dalam laporan yang akan di publikasikan secara daring (online).  Salah satu kelemahan mahasiswa dalam melakukan penulisan naskah laporan adalah sedikitnya penggunaan literatur sebagai pustaka yang terkait yang pembahasan. Ini disebabkan oleh keterbatasan pengetahuan dalam penelusuran serta mengunduh jurnal-jurnal ilmiah secara daring di internet.

Setelah mahasiswa menyelesaikan studinya di jurusan PSP maka tahapan selanjutnya yakni pencaharin dan perolehan pekerjaan.  Berdasarkan penelusuran alumni yang telah dilakukan menunjukkan bahwa lamanya masa tunggu alumni dalam mendapat pekerjaan pertama pada tahun 2014 adalah 4,7 bulan dan pada tahun 2015 adalah 5,6 bulan. Sedangkan persentasi kesesuaian bidang pekerjaan dan ilmu yang dimiliki pada tahun 2014 adalah 36,36% dan tahun 2015 sebesar 39,3%.  Lamanya masa tunggu mendapat pekerjaan dan kesesuaian bidang kerja alumni jurusan PSP tersebut masih berada di bawah target universitas, yakni 3 bulan dan 80%.

Oleh sebab itu salah satu tindakan yang dlakukan oleh jurusan adalah dengan membekali pengetahuan dan keterampilan ekstra kepada Mahasiswa PSP. Keterampilan tersebut merupakan salah satu penunjang kompetensi yang diimplementasikan dalam bentuk kegiatan dan pelatihan peningkatan kompetensi Mahasiswa Jurusan PSP. Kegiatan ini dilakukan setiap tahun nya yang dikelola oleh jurusan dengan peserta adalah mahasiswa Jurusan PSP. Untuk pelaksanaan pada tahun 2018 ini dilakukan dengan kegiatan yang diberi judul “PELATIHAN PENERAPAN TEKNOLOGI FIBERGLASS UNTUK LAMINASI KAPAL NELAYAN”.

Kegiatan ini bertujuan memperdalam dan mengaplikasikan beberapa matakuliah yang telah diperoleh seperti : Kapal Perikanan, Perancangan Kapal, Permesinan kapal dan Analisis kapal dan Pelabuhan Perikanan serta menambah kompetensi ilmu yang di terapkan dalam praktek penggunaan Bahan Fiberglass sebagai salah satu bahan utama yang digunakan Pada Kapal Nelayan. Kegiatan di wujudkan dalam bentuk pelatihan dengan muatan penyampaian materi teori dan praktik percobaan yang dilaksanakan di Laboratorium Kapal Perikanan Jurusan PSP.

Pelaksanaan Pelatihan dan workshop yang diketuai oleh Polaris Nasution, Selaku salah seorang Dosen di Jurusan PSP ini dimulai dengan persiapan yang telah dilakukan mulai dari pembentukan panitia kerja, pembuatan proposal, Penentuan pemateri/narasumber, Teknisi/instruktur, pembukaan pendaftaran, persiapan peralatan, Bahan dan ruangan serta pelaksanaan kegiatan praktek/workshop serta penyusunan laporan.  Kegiatan ini telah dimulai dari bulan Agustus hingga Oktober tahun 2018. Sedangkan pelaksanaan utama kegiatan peatihan dan workshop dilaksanakan selama 2 hari yaitu pada tanggal 28-29 Bulan September tahun 2018.  Pelaksanaan dilakukan di Laboratorium Kapal Perikanan Jurusan PSP yang melibatkan sejujmlah panitia, instruktur dan 40 orang peserta.